Loading...
12 Cara Mengatasi Lag di Free Fire Buat HP Low-End
Free Fire 2 weeks ago Menik 24x Dilihat
12 Cara Mengatasi Lag di Free Fire Buat HP Low-End

HP nge-lag saat main Free Fire pasti sangat menyebalkan. Pasalnya kejadian ini membuat kamu kerap missing dalam melakukan serangan, atau terkadang musuh berbalik menyerangmu tanpa kamu sadari. 

HP nge-lag saat bermain bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari sinyal tidak stabil, HP yang belum update hingga masalah lain. Sehingga, hal ini membuat performa game kamu jadi tidak maksimal. Tapi kamu tidak perlu khawatir, keadaan nge-lag seperti ini bisa diperbaiki, meskipun HP kamu tergolong low-end. Yuk simak!

Tips Supaya HP Tidak Nge-lag Waktu Bermain Free Fire 

Hapur File Cache 


Salah satu biang keladi yang menyebabkan HP kamu nge-lag waktu bermain Free Fire adalah file cache yang jarang dihapus. Bertumpuknya file cache ini membuat performa HP kamu jadi semakin berat sehingga tak jarang selalu nge-lag saat dipakai. 

Kamu bisa menghapus file tak berguna ini dengan cara masuk ke menu "Aplikasi". Kemudian kamu tinggal mencari file game "Free Fire" dan buka menu tersebut sampai kamu menemukan menu "Cache". Bila kamu sudah berhasil menemukannya, kamu tinggal hapus, lalu bermain kembali. 

Matikan Aplikasi Lain 

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat permainan kamu lebih lancar adalah dengan mengecek aplikasi yang sedang berjalan di HP kamu. Semakin banyak aplikasi yang aktif dan tidak digunakan, maka akan menyebabkan HP bekerja ekstra keras. Sehingga hal ini membuat game Free Fire jadi semakin lemot saat dimainkan. 

Untuk itu, pastikan kamu mematikan aplikasi yang tidak digunakan ini. Bila perlu, uninstall aplikasi yang tidak perlu agar kapasitas HP semakin besar dan lancar saat digunakan. 

Coba Restart HP

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan me-restart HP kamu. Fungsi dari melakukan restart ini adalah untuk me-refresh program dan juga memberikan ruang yang lebih besar pada RAM HP. Setelah melakukan restart, semua aplikasi yang berjalan di bagian background akan berhenti dan kamu bisa memulai bermain lagi. Nah, dari sini kamu bisa mengecek lagi apakah HP kamu masih saja nge-lag saat digunakan untuk bermain. 

Update Free Fire 

Tak heran, aplikasi yang out of date kerap membuat Free Fire semakin lemot karena bug yang bertumpuk. Nah, pastikan kamu cek di App Store atau Google Play Store untuk melihat apakah ada update terbaru yang harus kamu install. Biasanya setelah aplikasi sudah mendapatkan update, aplikasi tidak akan ngelag lagi karena bug yang mengganggu sudah diatasi. 

Jangan Pakai APK Mod 

Nah, ini yang kerap menjadi masalah yang tak pernah selesai. Banyak pemain yang menggunakan APK Mod. Biasanya mereka menggunakan APK Mod ini untuk menambah skill. Tapi yang namanya produk ilegal sudah pasti akan berefek langsung pada game kamu. Akhirnya HP langsung ngelag waktu dipakai. Bahkan, kalau kamu tidak menghentikan kebiasaan ini, HP kamu bisa terkena virus. Efeknya bisa panjang kalau sampai HP kamu terkena virus hanya karena kamu install APK Mod sembarangan. 

Coba Atur Grafiknya

Cara lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi HP yang lagging adalah dengan mengatur grafiknya. Penyesuaian grafis disinyalir sangat ampuh untuk mengatasi lagging ketika kamu bermain game Free Fire ini. Apa lagi kalau kamu pakai spek HP low-end. Kamu bisa mengatur tingkat grafis dengan cara masuk ke menu setting Free Fire, kemudian pilih "Graphic" lalu pilih "Smooth". Nah, setelah kamu menemukan menu "Smooth", pilih grafik paling rendah. 

Cek RAM 

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP yang kerap lag adalah dengan mengecek penggunaan RAM. RAM kerap menimbulkan masalah apa bila sudah terlalu penuh. Kamu harus menyisakan setidaknya 300 MB untuk game kamu supaya permainan lebih mulus. Tentu dengan kondisi RAM yang besar, game kesayangan kamu akan terasa lebih lancar saat dimainkan. Tidak hanya itu, HP jadi tidak mudah panas. 

Cek Jaringan Internet

Cara lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi HP lag adalah dengan mengecek jaringan. Pastikan jaringan kamu stabil. Sebab koneksi internet yang lambat akan mempengaruhi performa kamu dalam bermain. Bahkan menaikkan ping. Kalau bisa, pastikan tidak bermain game dengan jaringan WiFi ketika jaringannya tidak stabil. Kamu bisa menggunakan internet langsung dari provider kamu. 

Hindari Pakai Cheat 

Banyak pemain yang melakukan segala cara demi mendapatkan kemenangan dengan cepat. Padahal hal ini justru salah kaprah. Inilah yang sering menyebabkan HP kamu sering nge-lag. Biasanya, script bawaan yang dibawa oleh cheat sheet ini menyebabkan aplikasi jadi berat. Belum lagi cheat sheet ini ilegal dan bisa memberikan efek lebih berbahaya kalau kamu tidak berhenti. Akun kamu bisa saja dinonaktifkan. 

Nonaktifkan Update Otomatis 

Cara lain yang bisa kamu coba adalah menonaktifkan update otomatis. Fitur ini kerap secara otomatis download update aplikasi saat ada jaringan internet. Sehingga saat kamu bermain Free Fire, HP kamu langsung nge-lag karena performa HP kamu harus dibagi ke aplikasi lainnya. Selain itu, update otomatis ini juga mengurangi kecepatan internet serta mengurangi kapasitas RAM kamu. Jadi, coba cek fitur ini, kali-kali aktif.

Pakai GFX Tool 

Kamu juga bisa install aplikasi GFX Tool untuk memaksimalkan permainan Free Fire di HP kamu. Aplikasi ini akan membantu kamu dalam menyempurnakan dan menyesuaikan grafik game di perangkat seluler kamu. Jadi kamu tidak perlu repot-repot merubah setting di game kamu supaya lebih optimal. 

Aplikasi ini secara umum menawarkan fitur seperti optimasi pengaturan perangkat, setting grafis, hingga pembersihan file sebelum bermain game. 

Aktifkan Developer Settings

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan Developer Settings di smartphone kamu dan mengaktifkan fitur 4xMSAA. Cara ini akan membantu kamu meningkatkan performa perangkat saat bermain game. Selain itu, kamu pun bisa mengurangi animasinya di bagian developer setting sehingga lebih cepat dan responsif.

Jadi Pemain Top Free Fire Dengan Top Up Super Cepat Lewat Eflazz!

Sudah siap jadi pemain top di game favorit kamu? Eflazz menyediakan layanan top up game Free Fire paling cepat dan murah. Tingkatkan kualitas permainanmu dengan skin eksklusif, item langka dan senjata paling keren dengan membeli diamond lewat platform kami. Sekarang kamu tidak usah pusing kalau kamu kekurangan diamond untuk membeli item favorit kamu. 

Top up sekarang juga di Eflazz dan dapatkan promo paling menarik dan berlipat ganda di platform kami dengan menginstall aplikasi Eflazz melalui Google Playstore. Atau kamu juga bisa melakukan transaksi mudah lewat website resmi Eflazz. Di sana kamu juga bisa melihat berbagai produk kami dan juga tawaran menarik dari kami. Syaratnya, kamu hanya perlu daftar ke platform kami untuk mendapatkan fasilitas ini. 

Eflazz adalah teman setia para gamers yang siap memberikan pelayanan top up paling murah, aman dan cepat. Kami memberikan berbagai paket harga yang mudah dijangkau hingga yang paling banyak memberikan keuntungan. Semua kami sediakan untuk Anda yang ingin selalu menang. Gas! Top up di Eflazz sekarang!