Loading...
8 Alasan Kenapa Game Valorant Sering Mengalami Crash
Valorant 1 week ago Menik 18x Dilihat
8 Alasan Kenapa Game Valorant Sering Mengalami Crash

Kamu penggemar berat game Valorant? Pastinya kamu sering kesal karena game ini kerap mengalami crash. Game yang menjadi salah satu game first-person shooter (FPS) terbaik ini memang menjadi favorit para pemain di seluruh dunia. Namun dengan masalahnya yang sering crash membuat para pemain sering merasa kesal. Bahkan hal ini terjadi pada smartphone dengan spesifikasi HP yang lebih tinggi. 

Kira-kira apa sih yang menyebabkan game Valorant ini kerap mengalami crash? Bagaimana cara mengatasi game ini agar bisa dimainkan dengan maksimal? Yuk! Simak ulasan lengkapnya!

Penyebab Game Valorant Sering Crash

 

Spesifikasi Perangkat 

Alasan pertama yang kerap membuat game Valorant ini mengalami crash adalah spesifikasi yang tidak memadai. Meskipun game ini dikenal sebagai game yang sangat ringan dibandingkan dengan Battlefield atau Call of Duty, game Valorant ini menjadi game FPS yang jauh lebih ringan. Meski demikian, tetap saja ada batasan maksimum untuk memainkannya. 

Nah, supaya game kamu bisa berjalan dengan baik, pastikan apakah perangkat kamu sudah sesuai dengan saran yang diberikan oleh pihak developer, terutama untuk pemilik smartphone. Apa bila kamu masih menggunakan perangkat yang lama, pertimbangkan untuk upgrade terutama bagian kartu grafis dan RAM karena game ini mendapatkan update secara berkala mulai dari karakter, konten baru, hingga peta sehingga meminta pemain untuk menggunakan perangkat yang lebih tinggi spesifikasinya. 

Kalau kamu bermain pakai PC, baiknya kamu cek apakah PC kamu sudah memiliki processor setidaknya Intel i3 atau AMD Ryzen 3 dengan RAM minimal 8GB. Untuk kartu grafisnya paling tidak harus mendukung DirectX 11. 

Sistem Operasi 

Selanjutnya yang perlu kamu cek adalah sistem operasi. Riot Games sendiri selalu melakukan pembaharuan dalam sistem keamanan serta memperbaiki bug yang ada di dalam game sehingga sistem operasi harus sesuai dengan game ini. Akhirnya, pembaharuan ini sering menjadi tidak kompatibel dengan perangkat pengguna. Misalnya pada pengguna PC Windows 7 dan 8. Apabila pemain menggunakan sistem operasi ini, sudah pasti akan mengalami crash karena game ini mendapatkan pembaharuan besar di tahun 2024 lalu. Setidaknya, kamu harus bergeser menggunakan sistem operasi Windows 10 dan 11. 

Pengaturan Grafis 

Alasan lain kenapa game Valorant kamu mengalami crash adalah grafisnya yang terlalu tinggi. Hal ini bisa menyebabkan game menjadi kurang stabil. Apa lagi kalau gadget tidak memiliki kartu grafis yang mendukung. Dengan kebiasaan pemain yang kerap ingin bermain menggunakan resolusi tinggi, tentunya akan membuat game cepat crash. Ini karena game Valorant memiliki visual yang memakai dengan texture yang detail dan shadow quality yang baik. 

Jadi, pastikan kamu mengatur grafis sesuai kemampuan perangkat. Jangan dipaksakan karena hal ini akan membuat perangkatmu bekerja ekstra keras. Kamu bisa mematikan beberapa fitur grafis kemudian ditingkatkan secara bertahap sampai menemukan setting yang pas dengan gadget kamu. 

Diver Kadaluarsa 

Hal lain yang membuat game Valorant sering mengalami crash adalah driver yang mengalami kadaluarsa. Bila kamu bermain menggunakan PC, pastikan kamu selalu update driver kamu. Pihak produsen NVIDIA dan AMD selalu merilis driver terbaru yang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja perangkat apa lagi saat digunakan untuk bermain. Driver yang sudah tidak support ini bisa menyebabkan kebocoran dan mengakibatkan crash karena tidak cocok dengan versi terbaru. 

Kalau kamu bermain menggunakan PC dan processormu adalah produk buatan NVIDIA, kamu bisa update melalui NVIDIA GeForce Experience. Atau kamu bisa ke AMD Radeon Software bila kamu pakai processor ini. Dengan menginstall driver terbaru, kamu bisa dipastikan memiliki perangkat yang sesuai dengan peningkatan performa game favorit. 

Gangguan Program Lain 

Hal lain yang menyebabkan game Valorant mengalami crash saat dimainkan adalah gangguan dari pihak ketiga. Beberapa program lain yang sering mengganggu performa Valorant adalah software overclocking, antivirus atau bahkan aplikasi perekam layar yang bisa mengganggu jalannya game ini. Apa lagi kalau kamu menjalankan aplikasi ini di background yang bisa membuat sumberdaya jadi cepat habis, mulai dari CPU, RAM dan lainnya menjadi crash secara tiba-tiba. 

Cara mengatasi hal ini yaitu kamu bisa menutup semua program atau aplikasi yang sedang berjalan. Sebelum bermain, pastikan aplikasi dan program yang sudah tidak dibutuhkan lagi ini kamu hilangkan terlebih dahulu agar tidak memakan sumber daya di perangkat kamu. Selain itu, tambahkan Valorant ke daftar pengecualian antivirus sehingga tidak mengganggu kinerja. 

Koneksi Internet 

Yap! Biang kerok selanjutnya ternyata adalah koneksi internet yang tidak stabil. Apabila koneksi internetmu sering putus-putus, kamu tidak akan mendapatkan pengalaman bermain game terbaik. Yang ada hanya akan nge-lag dan crash. Masalah ini kerap dimiliki oleh pemain yang menggunakan jaringan WiFi untuk bermain. 

Untuk mengatasi hal ini, pastikan kamu menggunakan kabel LAN atau jika memungkinkan kamu pastikan koneksi WiFi kamu benar-benar kencang dan tidak rawan gangguan. 

File Cache 

Seperti yang terjadi pada kebanyakan game dimana file cache kerap mengganggu performa kamu. File-file yang bertumpuk ini kerap membuat konflik dalam perangkat kamu dan menyebabkan Valorant sering crash. 

Jadi, pastikan kamu selalu membersihkan file cache secara rutin. Untuk mempermudah, kamu bisa memakai fitur Disk Cleanup atau aplikasi pihak ketiga yang membantu kamu menangani hal ini. 

Bugs Dan Error 

Bila kamu sudah melakukan semua hal di atas dan game Valorant kamu masih saja sering mengalami crash, kamu bisa menduga penyebab utama game ini. Yap! Tidak lain dan tidak bukan adalah bugs dan error dari server game itu sendiri. Hal ini kerap terjadi terutama bila sedang mendapatkan update besar. Meskipun Riot Game selalu berusaha memperbaiki masalah ini, tidak menutup kemungkinan masalah lain kerap muncul. 

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa langsung cek update terbaru dari Valorant dan periksa komunitas game ini untuk mencari tahu apakah masalah yang kamu alami dari kamu sendiri atau pihak pengembang.

Nah itulah beberapa tips cara mengatasi game Valorant yang crash. Tips di atas juga bisa kamu terapkan untuk game FPS lainnya baik itu untuk PC atau perangkat mobile. 

Untuk meningkatkan pengalaman bermain kamu jadi lebih ciamik, pastikan untuk top up melalui Eflazz. Eflazz adalah platform top up terbaik yang menyediakan aneka top up game termasuk game Valorant ini. Kami menyediakan layanan yang cepat dan aman dengan paket top up yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk informasi harga dan penawaran produk lainnya, kamu bisa cek homepage Eflazz atau download aplikasi Eflazz di Google Playstore. Dengan mendaftar jadi member kami, kamu bisa mendapatkan berbagai promo dan voucher menarik untuk top up game favorit kamu! Yuk buruan gabung di Eflazz dan dapatkan promo terbaiknya!