Loading...
8 Cara Jitu Melakukan Aim Dengan Tepat dan Akurat di Valorant
Valorant 1 week ago Menik 11x Dilihat
8 Cara Jitu Melakukan Aim Dengan Tepat dan Akurat di Valorant

Ngomong-ngomong soal game FPS, Valorant adalah salah satu yang paling populer. Meski demikian, game ini kerap memiliki hal yang menjengkelkan dimana pemain merasa aim yang mereka lakukan kurang tepat. Tak heran banyak pemain yang salah tembak karena aim ini kurang pas. 

Kalau kamu salah satu dari pemain yang kerap mengalami hal ini, tentu kamu juga merasa sangat kesal. Faktanya gagal aim ini sebenarnya tidak melulu berasal dari pihak developer, tapi juga beberapa strategi dan faktor eksternal yang tidak disadari. Apa saja ya yang harus dilakukan supaya aim-nya lebih tepat?


Kenali DPI Mouse 

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin melakukan aim dengan tepat adalah dengan mengenali DPI mouse. Sekarang mouse gaming memiliki tombol khusus yang bisa kamu gunakan untuk mengatur DPI ini. Tombol ini disebut fly-to-fly yang mampu mengatur kecepatan gerak kursor di monitor. Kalau kamu memakai mouse gaming, biasanya sudah memiliki 4.000 DPI. Sementara untuk mouse reguler hanya memiliki 1.600 DPI. 

Perlu kamu ketahui bahwa jumlah DPI yang ada di dalam mouse ini dipengaruhi oleh kecepatan gerak. Jadi semakin besar DPI-nya maka sensitifitasnya juga makin bagus. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui jumlah DPI mouse kamu supaya permainan jadi lebih efektif. Ingat! Mengukur sensitivitas mouse tidak dengan geser-geser ya. Kamu harus pake rumus Effective Dots per Inch (eDPI). 

Misalnya mouse kamu memiliki 1.200 DPI kemudian mengatur sensitivitas di angka ke-empat. Maka eDPI kamu adalah 1.200x4 = 4.800. akan tetapi, angka ini bukanlah angka mutlak, kamu harus menyesuaikannya dengan reflek dan game sense kamu. eDPI ini hanya jadi acuan untuk menghitung level sensitivitas paling pas buat kamu. 

Selalu Latihan Di Practice Mode 

Untungnya, Valorant memiliki tempat untuk berlatih di Practice Mode. Kalau kamu mau mahir dalam melakukan aim, maka jangan meremehkan fitur ini karena di sini kamu bisa melatih kemampuan motorik kamu saat bermain game Valorant.

Misalkan nih, kamu sudah khatam FPS karena sudah bermain CS:GO. Akan tetapi belum tentu kamu bisa mengendalikan Valorant karena menerapkan hal yang sama. Ini dikarenakan setiap game memiliki gameplay yang berbeda sehingga mengharuskan kamu untuk menyesuaikan diri. 

Untuk itu, pastikan kamu selalu berlatih di mode latihan atau Practice Mode untuk meningkatkan skill aim kamu. 

Placement Cursor 

Saat kamu sudah mengincar titik fatal lawan kamu, pastikan memperhatikan letak kursor-nya. Nah masih berhubungan dengan poin sebelumnya bahwa Practice Mode akan membuatmu terbiasa dengan seluk beluk game, termasuk dalam menentukan titik fatal musuh. Di sini, ukuran badan tiap bot sama dengan agent. Jadi kamu bisa membuat perkiraan jitu bagaimana cara menembak dengan tepat. Selain titik cursor, pastikan kamu juga memperhatikan arah mata. Pastikan untuk menyelaraskan arah mata dan kursor agar bisa melakukan aim dengan benar. 

Coba Pakai Aimlab 

Kalau kamu sudah sering melakukan latihan di Practice Mode, kamu bisa latihan aim di tempat lain, yaitu di Aim Lab. Aplikasi ini mampu meningkatkan akurasi tembak sehingga semakin tinggi. Di sini kamu bisa melakukan analisa seluruh tembakan yang kamu lakukan sehingga kamu bisa tahu letak kekurangan kamu. 

Sebagai contoh, kamu menggeser mouse kamu ke arah kiri dan motoriknya lemah. Nah, di Aim Lab ini akan ada sesi latihan yang bisa membuat kinerja motorik kiri kamu lebih bagus. Selain itu, kasus lain yang kerap menyebabkan seseorang gagal aiming adalah jaraknya terlalu lebar dari titik tengah. 

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh DPI mouse gaming atau kecakapan kamu dalam bermain. Makanya, berlatih adalah kunci utama. 

Jangan Berjalan Sambil Menembak 

Nah, ini adalah kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemula. Saat kamu berjalan sambil melakukan tembakan, maka tembakanmu akan selalu meleset dan senjata kamu jadi sulit dikontrol. Apalagi kalau kamu pakai Operator atau Vandal. Pastikan kamu tidak menekan WASD ketika melakukan tembakan supaya lebih akurat. 

Namun, hal ini ada pengecualian kalau kamu pakai senjata shotgun. Bila kamu melakukan gerakan ke kanan dan kekiri atau yang biasa disebut dengan strafing, kamu justru bisa melakukan tembakan dengan benar. 

Pelajari Timing 

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah mempelajari timing dimana kamu tahu kapan waktunya melakukan Spray Reset. Coba kamu ingat-ingat, mungkin kamu pernah melakukan beberapa percobaan seperti melakukan spraying tapi peluru kamu justru jatuh kemana-mana. Nah, kalau kamu berada di situasi ini, berhentilah menembak supaya kamu bisa mereset spray sehingga peluru bisa lebih akurat. 

Meski demikian, menentukan timing adalah hal yang tidak mudah sebab kalau kamu tidak pas dalam melakukan spray, yang ada kamu akan mati kena tembak musuh. Untuk melakukan spray dengan tepat, cek dulu seberapa banyak peluru yang mengenai musuh dan juga jangkauan kamu terhadap musuh. 

Kalau kamu melakukan pertempuran jarak jauh dan tembakan kamu hanya memberikan efek damage yang ringan maka kamu bisa melakukan spray.

Perbaiki Lagi Crosshair Placement 

Crosshair placement yang jelek bisa mengurangi efek damage saat kamu berusaha membunuh lawan. Banyak pemain yang melakukan crosshair terlalu ke atas, terlalu mengarah ke lantai dan sebagainya. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa menempatkannya di ketinggian yang sama dengan kepala lawan. Di saat ini, kamu berpeluang sukses saat ingin melakukan headshot. 

Pelajari Para Professional

Yap! Tidak ada yang lebih menguntungkan dari berguru pada profesional. Para profesional ini memiliki skill yang menarik yang perlu kamu pelajari seperti aim trick, flanking dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka memiliki sensitivitas yang berbeda jadi kamu juga bisa meniru gaya mereka.

Mau Menjadi Top Level Di Game Valorant Dalam Waktu SIngkat? Top Up Di Eflazz!

Selain melakukan strategi di atas agar aim kamu makin akurat, pastikan kamu juga melengkapi persenjataan di game Valorant dengan melakukan top up di platform Eflazz. 

Eflazz adalah platform top up game terdepan di Indonesia dengan harga yang sangat kompetitif dan fitur yang menarik. Kami adalah platform yang selalu berusaha menjaga keamanan data pelanggan dan proses transfer yang tepat. Selain itu, layanan pelanggan kami juga tersedia selama 24 jam jadi kamu bisa melakukan top up sepanjang waktu, dimanapun dan kapanpun. 

Selain game Valorant, Eflazz juga menyediakan berbagai produk menarik seperti Mobile Legend, Call of Duty, Free Fire dan masih banyak lagi. Harga paket top up kami juga beragam Dimana kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu, entah dalam jumlah kecil atau besar untuk memenuhi kebutuhan kamu akan item dan skin menarik di game Valorant ini. 

Kalau kamu ingin mendapatkan promo khusus game ini, kamu hanya perlu mendaftar di platform kami melalui website Eflazz atau download aplikasinya di Google Playstore. Tunggu apa lagi, ayo daftar sekarang!